SURGA ITU DISINI

#inspiranesia4

Tanah Papua tanah yang kaya

surga kecil jatuh ke bumi

Seluas tanah sebanyak madu

adalah harta harapan

(Aku Papua-Edo Kondologit)

Bicara lebih dalam mengenai Indonesia, maka kita juga tentu membahas mengenai keindahan dan kekayaan alam yang dimilikinya. Anugerah yang begitu besar yang sudah Tuhan turunkan di setiap sudut tanah Indonesia ini. Berbagai macam keindahan dan kekayaan alam dimiliki masing-masing daerah di Indonesia. tentu saja dengan ciri khas dan keunggulan masing-masing.

Indonesia Timur, khususnya Raja Ampat merupakan wilayah yang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya. Pegunungannya, daratan, pantai, laut dan bawah laut menyimpan begitu banyak hal yang sangat eksotis. Raja Ampat kemudian menjadi sepotong surga yang sudah tuhan bocorkan ke dunia. Bukan hanya sekedar kekayaan alamnya, kekayaan manusianya juga menyimpan keunikan dan anugerah tersendiri.

Sebuah kesempatan yang tidak terlupakan bagi kami, melaksanakan KKN di Raja Ampat. Lokasi KKN kamii tepatnya berada di Distrik Teluk Mayalibit yang berjarak sekitar 30 Km dari ibukota Waisai. Wilayah Distrik Teluk Mayalibit memiliki ciri khas sebagai pintu masuk dari Teluk Mayalibit. Dan kampung Warsambin tepat berada tidak jauh dari puntu masuk teluk tersebut.

Air teluk yang tenang dan jernih, hutan lebat, hewan-hewan liar menjadi pemandangan kami sehari-hari. Keadaan yang begitu jauh dibandingkan keadaan alam asal kami di pulau Jawa. Masyarakat menjadikan alam sebagai sahabat, mereka hidup dari alam tetapi tetap menjaganya dengan keluhuran dan kearifan lokal yang ada. Manusia dan alam hidup selaras dan saling menjaga menghidupi.

Begitu banyak kekayaan alam yang dimiliki bangsa ini, tapi dengan begitu saja begitu mudahnya lenyap oleh kerakusan manusianya. Ketika manusia berpikir, alam adalah warisan dari pendahulunya makan dengan rakus akan mereka habiskan. Tetapi semoga dengan berpikir, alam adalah titipan cucu kita di masa depan manusia akan tetap menjaganya.

Sebuah kesempatan luar biasa bagi kami, bisa menginjakkan kaki kami, melihat biru langit dan lautnya, melihat hijau dan lebat hutannya dan menghirup udara segarnya. Semua itu kami dapatkan di Raja Ampat. Surga itu ada disini….. Terima Kasih Tuhan.

Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s