MENCARI SEPOTONG SURGA TIMUR INDONESIA

“Tulisan ini diikutkan dalam Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo

 

Berbicara mengenai keindahan dan kekayaan alam Indonesia memang tidak pernah habisnya. Setiap jengkal bumi khatuliswa ini diberi anugerah yang begitu spesial oleh Tuhan Yang  Maha Kuasa dengan berbagai potensinya masing-masing. Dan tidak pernah ada habisnya tentang cerita keindahan dan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Bicara lebih dalam lagi kekayaan Indonesia, khususnya Indonesia Timur maka pasti membuat banyak orang berdecak kagum dengan apa yang ada disana. Kekayaan yang tersebar dari atas gunung, daratan, pantai, laut, bawah air belum lagi sisi budaya dan masyarakatnya sungguh sangat eksotis. Hingga muncul sebutan, sepotong surga yang jatuh ke bumi.

Kini, siapa yang tidak ingin pergi ke Indonesia Timur; menginjakkan kakinya, merasakan udaranya, merasakan airnya dan merasakan atmosfer kehidupan disana.. Tentu saja, masyarakat lokal maupun mancanegara sangat ingin untuk pergi ke Indonesia Timur.

Saya sendiri masih sangat penasaran untuk bisa langsung menyelami apa yang dimiliki oleh Indonesia Timur. Saya ingin lebih dekat dengan mereka, alamnya, masyarakatnya, kearifan lokal dan berbagai hal yang tidak kita temui di tempat lain.  Pelaksanaan Festival Teluk Jailolo 2013 ini menjadi salah satu pembuka jalan untuk pergi mencari sepotong surga di Indonesia Timur.

Ada beberapa hal yang membuat saya ingin sekali pergi kesana. Pertama, saya bertekad untuk mengunjungi berbagai tempat yang ada di Indonesia dan Jailolo (Maluku ) adalah salah satunya. Pergi kesana bukan hanya untuk menikmati apa yang ada, tapi lebih dalam, untuk belajar menjadi lebih Indonesia. Karena mengenal Indonesia tidak cukup hanya melihat dari media, tapi dengan pergi langsung dan merasakan tiap jengkal tanah pertiwi. Bagaimana kau kenal Indonesia jika tidak merasakannya langsung bukan?

Kedua, adalah sebuah proses pembelajaran. Dengan pergi ke berbagai macam daerah, tentu saja kita akan menemukan berbagai hal yang unik dan berbeda.. Dan Tuhan sudah memberikan berbagai bermacam keberagaman yang menjadi kakayaan tersendiri bagi Indonesia.. Tentu saja Jailolo memiliki karakteristik sendiri, dengan keunikannya sebagai tempat belajar.

Ketiga adalah sebuah hashtag/tanda pagar (#) Inspiranesia yang merupakan akronim Inspirasi Indonesia. Hashtag tersebut menjadi sebuah catatan mengenai inspirasi yang saya dapatkan dari berbagai tempat di Indonesia. Dengan mendapatkan berbagai inspirasi tersebut kemudian saya ingin membagi kepada orang lain melalui berbagai media yang ada. Kemudian saya teringat pada sebuah bagian lagu:

 “….siapa lagi kalau bukan kamu yang jadi duta untuk bangsamu…
Negri yang kaya kamupun tahu sekarang giliran dunia yang tahu”

Lagu Melayu – Pandji Pragwaksono

Dan, jika saya bisa pergi kesana apa yang kemudian bisa saya lakukan?. Pertama seperti beberapa poin diatas, saya pasti membagi pengalaman kepada orang lain dengan berbagai sarana media yang ada (blog, socmed, foto). Kedua, tentu saja yang terlibat dengan kegiatan ini sangat banyak. Dengan banyaknya ini kemudian membentuk gerakan kolektif untuk lebih mengenalkan Jailolo ke banyak pihak diluar sana. Ketiga, dengan bersama menggandeng institusi yang terkait (pemerintah, media, NGO) untuk sama-sama memperkenalkan dan menjaga Jailolo.

“karena untuk menjadi lebih Indonesia, kita harus pergi, meresapi dari tiap jengkal tanah ibu pertiwi.

Jailolo i’m coming!”

 

Gambar

 

sumber: http://saripedia.files.wordpress.com/2010/10/malut2.jpg

 “mari menjadi lebih Indonesia!”

 

Gambar

 

http://2.bp.blogspot.com/-rQJVY99CYeI/URCV8zsaJII/AAAAAAAAAvc/jegMUh6_U2I/s1600/indonesia_raya_by_batatx-d5ay8bh.jpg

One thought on “MENCARI SEPOTONG SURGA TIMUR INDONESIA

  1. Pingback: Blog Contest ‘Jailolo, I’m Coming’ Submission – Gilolo Bay Festival

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s