MENDIDIK INDONESIA (II)

#inspiranesia5

Berbicara mengenai pendidikan di negeri ini, seolah berbicara mengenai masalah yang tidak ada habisnya. Kita juga tidak memungkiri masih banyak permasalahan yang mendera dunia pendidikan di Indonesia. Masalah yang timbul mulai dari pemerataan pendidikan, keadaan sarana prasana penunjang pendidikan, masalah tenaga pengajar dan masih banyak masalah lain. Beberapa masalah ini juga kami hadapi langsung di lapangan saat kami melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat.

Di Kampong Warsambin yang merupakan ibukota Distrik Teluk Mayalibit memiliki dua buah sekolah yaitu SD YPK Sion dan SMP Negeri 12 Raja Ampat. Di Distrik Teluk Mayalibit ini terdiri dari empat kampung, dan disetiap kampung memiliki sekolah dasar. Sedangkan, untuk sekolah menengah pertama hanya ada satu yaitu SMPN 12 itu tadi. Bahkan SMP Negeri 12 raja Ampat menjadi satu-satunya sekolah menengah pertama yang ada di kawasan Teluk Mayalibit.

Bidang pendidikan juga menjadi salah satu program yang kami laksanakan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini. Di kesempatan Kuliah Kerja Nyata inilah, kami berhadapan langsung dengan realita pendidikan yang ada di Indonesia. Kurang lebih tiga tahun kami sudah menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Mayoritas dari kami juga mendapatkan pendidikan yang sudah nyaman dan maju sedari tingkat sekolah dasar, kondisi yang sangat jauh kami temukan dilokasi KKN kami ini.

Selama ini, berbagai realita pendidikan yang ada di Indonesia hanya kami saksikan di televisi, kami baca di berita media cetak dan kami saksikan di berbagai media lain, kini kami rasakan langsung. Ketidakmerataan pendidikan, keterbatasan tenaga pengajar, kualitas pendidikan yang rendah kami saksikan langsung dan kami rasakan langsung bersama mereka. Tapi ada satu hal yang harus dibanggakkan dari mereka, ditengah keterbatasan semangat belajar mereka masih sangat tinggi.

Memang, jika kita berbicara mengenai masalah pendidikan seolah kita menemukan masalah yang tak kunjung usai. Namun, let’s stop cursing the darkness and light the candle. Stop complaining about the problem, and lets being part of solution. Kondisi inilah yang kemudian membuat anak muda harus mengambil peranan dan setidaknya berbuat walaupun sedikit untuk perubahan negeri.

Saya kemudian teringat tentang sejarah dan awal mulanya mengapa program Kuliah Kerja Nyata ini ada di Universitas Gadjah Mada ini. Pada awal 1950, beberapa tahun setelah Universitas ini berdiri, sempat terjadi krisis tenaga pengajar. Kemudian Universitas ini mengadakan program Pegerahan tenaga mengajar  (PTM) yang salah satunya adalah Prof. Koesnadi Hardjosoemantri (mantan rektor UGM) dan beberapa mahasiswa lain. mereka disebar ke beberapa daerah untuk menjadi pengajar SMA-SMA. Inilah yang kemudian menjadi cikal-bakal adanya kegiatan KKN.

Setengah abad sejak PTM pertama kali dilakukan yang kemudian mengisnpirasi Anies Baswedan untuk mendirikan Gerakan Indonesia MEngajar. GIM lahir sebagai bentuk perbaikan pendidikan dan investasi masa depan bangsa. Gerakan ini mengirim sarjana-sarjana untuk menjadi pengajar sekolah dasar diberbagai tempat pelosok Indonesia.  Gerakan Indonesia Mengajar inilah yang juga menginspirasi kampus-kampus membuat pengajaran bagi masyarakat. Gerakan lingkungan kampus untuk ikut mendidik masyarakat inilah yang memang harusnya dilakukan sebagai kaum terdidik.

Memang, waktu kami melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Teluk Mayalibit hanya sekitar satu bulan lamanya. Semoga apa yang kami lakukan untuk dunia pendidikan ini bermanfaat bagi anak-anak di sana dan bagi negeri kami Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s