PEMUDA MASA KINI

Tidak terasa peristiwa Sumpah Pemuda telah berlalu selama 83 tahun. Peristiwa yang telah menjadi tonggak yang penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia.

Sumpah pemuda menjadi penanda penting bersatunya berbagai macam golongan pemuda dalam satu wadah bersama. Terjadinya sumpah pemuda menandakan pergeseran perjuangan kemerdekaan dari yang bersifat kedaerahan menjadi persatuan dan dari hard power menjadi diplomasi soft power. Pada masa ini, perjuangan dimotori oleh pergerakan kaum intelektual dan terdidik.

Golongan baru ini membawa perubahan yang sangat signifikan bagi Hindia Belanda pada masa itu. Banyak anak-anak pribumi yang kemudian berkesempatan mengenyam pendidikan dan kemudian meningkatkan taraf hidupnya. Selain itu, perjuangan menjadi lebih kuat karena ada isu bersama yang diangkat seiring memudarnya semangat kepentingan berlatarkan kedaerahan. Dansemua pejuang kala membawa isu yang sama, yakni penderitaan penjajahan dan mewujudkan negara merdeka.

Sumpah Pemuda melahirkan mimpi besar mengenai Imagine Country yaitu Indonesia Raya. Selain itu juga untuk pertama kalinya diperdengarkan instrumen lagu Indonesia Raya. Peristiwa itu menjadi inspirasi pergerakan di masa selanjutnya di mana pemuda menjadi penggerak perubahan dan menjadi aktor penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pemuda dengan kekuatan mudanya mampu berbuat banyak dalam kontribusi bangsa.

Dalam konteks Indonesia sekarang, nampaknya perlu momentum lagi untuk menyatukan berbagai elemen bangsa yang mulai terpecah lagi. Banyak organisasi pergerakan pemuda maupun mahasiswa yang berdiri. Organisasi ini memiliki konsentrasi dalam berbagai bidang, mulai keilmuan, politik, ekonomi, sosial dan masih banyak lagi. Namun berdirinya organisasi pergerakan tersebut menimbulkan adanya suatu kekhawatira; organisasi-organisasi tersebut berdiri membawa visi dan gerak masing masing, tidak ada kesatuan bahkan terkadang saling memusuhi dan mematikan.

Dua gambaran diatas sebenarnya menggambarkan kondisi yang sama, yaitu mengenai kesatuan pergerakan dan keberhasilan dalam perubahan. Perlu adanya common enemy atau musuh bersama yang dihadapi sehingga terjadi kesamaan nasib. Kondisi pada 1928 dan Indonesia hari ini sangat relevan jika dilihat dari sisi integrasi perjuangan.

Jika pada 1928 para pemuda menghadapi masalah penjajahan dan perjuangan kemerdekaan. Pada konteks hari ini peliknya masalah bangsa harusnya menjadi pemersatu organisasi pergerakan yang ada sekarang. Bukan hanya masalah bangsa saja tetapi visi mengenai indonesia yang lebih juga harus menjadi perhatian bersama. Bersatulah pemuda untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s