STRATEGISKAN INDUSTRI HADAPI ACFTA

Berbicara mengenai ACFTA, maka sangat tidak bisa dipisahkan dari industri. Dalam hal ini, khususnya industri dalam negeri yang bersaing dengan  hasil industri China. Industri merupakan penyokong utama dalam sistem produksi dan produktivitas produk. Produk yang dihasilkan menggambarkan bagaimana negara tersebut bisa berkompetisi di pasar intrenasional.

Sudah hampir delapan belas bulan perjanjian ACFTA disepakati oleh pemimpin ASEAN dan  Indonesia. Sudah siapkah Industri kita menghadapi hal ini?. Dilihat dari SDM, tools dan mesin sebenarnya Indonesia tidak kalah bersaing dengan China. Bisa kita lihat negeri ini memiliki engineerengineer  yang tidak kalah dengan China maupun negara-negara lain.

Industri yang paling banyak merasa dirugikan antara lain tekstil dan mainan. Secara kualitas produk tidak berbeda jauh, akan tetapi produk China lebih murah.  Permasalahan yang timbul dalam persaingan ACFTA adalah  kesiapan mental dalam menghadapi persaingan global. Masalah lain yang timbul adalah high cost economy (terlalu besarnya cost produksi yang digunakan) baik dari biaya produksi maupun biaya tenaga kerja.

Diluar kontroversi yang terjadi, ACFTA sebenarnya membawa dampak positif. Para pelaku industri menjadikan ACFTA sebagai jalan untuk mempelajari cara-cara menjadi lebih kompetitif. ACFTA memotivasi pelaku industri untuk membuat produk yang lebih bak dan  berkualitas.

Berkaca dari China, dimana industri menjadi pokok utama dalam kemajuan perekonomiannya. Industri yang berkembang mulai dari industri tekstil, mainan sampai teknologi komunikasi. Hal ini sejalan dengan pemerintah negara tersebut yang sepenuhnya mendukung industrinya. Selain itu, pemerintah pun memiliki komitmen untuk memajukan industri.

Oleh karena itu, agar industri  di Indonesia semakin siap menghadapi ACFTA memerlukan perhatian serius dari pemerintah. Pemerintah sebagai otoritas yang memiliki kewenangan sangat dinanti perannya untuk penciptaan industri strategis. Pemerintah harus membuat strategis industri dalam negeri dimata dunia. Langkah tersebut dilakukan  dengan membantu permodalan, pembuatan regulasi yang tidak memberatkan industri dan membantu dalam pemasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s