ENTREPRENEUR BANGKITKAN NEGERI

Sudah seratus tiga tahun lalu, Indonesia mencapai titik penting pembuka babak baru perjuangan kemerdekaan. Pada 20 Mei 1908, pelajar STOVIA mendirikan perkumpulan yang mereka namakan Boedi Oeteomo. Titik penting sejarah setelah 1908 adalah lahirnya Sumpah pemuda pada 1928. Akhirnya Indonesia memproklamirkan kemerdekaanya pada Agustus 1945.

Dalam kondisi bangsa saat ini masih belum merdeka dan terpuruk. Negeri ini masih terjajah bahaya laten. Secara ekonomi bangsa Indonesia masih tertinggal dibanding bangsa yang lain. Belum lagi masalah kemiskinan, korupsi, dan kesejahteraan yang menjadi hal serius. Permasalahan ini memerlukan kolektivitas masyarakat untuk menyelesaikannya. Kolektivitas yang dijalankan akan berdasarkan pada kesadaran kapasitas yang dimilikinya.

 

Salah satu hal potensial untuk perubahan bangsa adalah jumlah entrepreneur. Karena, pembangunan suatu bangsa menjadi sejahtera ditopang dari sisi ekonominya. Secara kuantitas, jumlah entrepreneur di Indonesia masih jauh tertinggal dibanding bangsa lain. Sebagai contoh, jumlah di Indonesia masih dibawa 1 persen. Masih kalah dibandingkan negara tetangga Malaysia yang memiliki 5 persen dan Singapura yang memiliki 7 persen dari jumlah warga negaranya. Padahal idealnya untuk menjadi bangsa yang sejahtera paling tidak memiliki 7,5 persen dari total warga negara.

 

Sebuah kutipan menarik dari Jeffry A. Timmons dalam bukunya, The Entrepreneurial Mind “We are in the midst of a silent revolution -a triumph of the creative and entrepreneurial spirit of humankind throughout the world. I believe its impact on the 21st century will equal or exceed that of the Industrial Revolution in the 19th and 20th” ini menggambarkan begitu besarnya kekuatan entrepreneur dan usaha kreatif, bahkan bisa melebihi Revolusi Industri Inggris.

 

Dalam kondisi akhir tahun 2010 mencatatkan income/capita US$3,000. Inilah momentum 103 tahun kebangkitan nasional, saatnya Indonesia Bangkit menjadi penguasa perekonomian dan menjadi negara kuat. Kolektivitas anak negeri, bersama dengan kretivitas dan entrepreneurship membuat Indonesia Bangkit.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s