Bangkit Negeriku…

Seratus tiga tahun lalu, tepatnya 20 Mei 1908 menjadi sebuah titik penting bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut sebuah momentum besar bangsa terjadi, yang  saat ini kita kenal menjadi hari Kebangkitan Nasional. Kemudian menjadi sebuah titik balik perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Adanya politik etis membuka kesempatan seluas mungkin kepada kaum pribumi  untuk menuntut ilmu. Kaum pribumi memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, dengan adanya kesempatan menuntut ilmu menjadi eskalator kehidupan. Dengan adanya kesadaran pendidikan dan menciptakan kaum terdidik akan meningkatkan taraf hidup bangsa. Kesempatan itu dimanfaatkan pelajar STOVIA yang kemudian mendirikan Boedi Oetomo. Boedi Oetomo menjadi sebuah titik kebangkitan dimana kaum pribumi mampu menunjukkan kemampuan di kancah pergerakan nasional mendir    ikan perkumpulan yang menyuarakan perjuangan kemerdekaan.

Perjuangan Boedi Oetomo menjadi sebuah tonggak perjuangan kemerdekaan. Hal ini Membuktikan adanya rasa nasionalisme dan kepedulian perjuangan kebangsaan oleh kaum pribumi. Berdirinya perkumpulan ini menjadi inspirasi dan cikal bakal perjuangan kemerdekaan oleh kaum intelektual. Sejak tahun 1908 hingga kemerdekaan, lembar perjuangan Indonesia diisi oleh para pemuda khususnya mahasiswa. Titik besar selanjutnya adalah Sumpah Pemuda pada Oktober 1928 dan proklamasi kemerdekaan pada 1945.

Dalam konteks modern saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi masalah yang besar. Jika dalam masa sebelum kemerdekaan yang kita hadapi adalah kerasnya penjajahan secara fisik dan politik. Kini, pada masa sekarang kita sedang dijajah oleh penjajah laten kemiskinan, kebodohan, korupsi  dan banyak masalah sosial lain. Permasalah yang masih mengganggu bangsa indonesia ini memerlukan pemecahan secara kolektif seluruh warga masyarakat.

Menjawab tantangan ini, kaum muda khususnya mahasiswa memiliki tanggung jawab yang besar. Apalagi mahasiswa sering digadang-gadang sebagai agent of change dan social control. Dengan era keterbukaan dan globalisasi inilah kesempatan sangat terbuka bagi mahasiswa. Dengan kesadaran kolektif membangun negeri yang lebih baik dan bermartabat.

_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s