Bersama Untuk ASEAN

Awal Mei ini berlangsung konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke 18 di Jakarta. Konferensi negara-negara Asia Tenggara ini  memiliki  peluang bagus dalam upaya meningkatkan stabilitas hubungan diplomatik yang lebih intim. Penciptaan Stabilitas dan kondisi kawasan  yang lebih baik merupakan prioritas yang harus diutamakan. Hal ini ditujukan untuk membangun ASEAN yang lebih maju dan setara dengan kawasan lain.

Pembangunan secara ekonomi, sosial, budaya, politik maupun keamanan dapat dibangun ika kondisi regional sudah aman dan kondusif. Untuk mencapai sebuah regional yang baik perlu adanya kesadaran kolektif para pemimpin negara yang bernaung dibawah payung ASEAN. Belakangan ini, ASEAN masih dirundung konflik internal dalam negeri maupun konflik antar negara. Konflik yang terjadi saat ini dinilai mengganggu hubungan harmonis dalam regional.

Masalah-masalah yang terjadi antar negara ASEAN tersebut dapat memicu konflik berkepanjangan apabila tidak ditanggapi secara serius dan tiap pihak masih egois. Nampaknya, perundingan atau mediasi melalui perantara badan ASEAN sangat membantu. Sebagai negara yang berada dalam satu kawasan, setiap negara wajib menjaga kedamaian.

Konflik yang terjadi berat kaitannya dengan kesadaran dan keterbukaan. Dalam KTT ASEAN ke-18 ini, poin penting yang harus dibahas adalah upaya menemukan jalan tengah permasalahan yang ada. Menghadapi konflik yang terjadi Indonesia nampaknya bisa menjadi rujukan. Sebagai negara yang pluralis secara kultur dan kebangsaan. Sebagai bangsa yang majemuk, di Indonesia toleransi menjadi pondasi utama dalam penciptaan kondisi yang baik.

Saling mengakui antar negara menunjukkan belum adanya proses komunikasi yang terbangun dengan baik. Setelah saling klaim berlanjut ke militer, membuktikan bahwa soft power belum bisa digunakan sebagai negara tetangga.  Kemudian, poin yang perlu menjadi fokus untuk perbaikan  adalah  kerja sama, relasi yang kuat dan komunikasi. Sekali lagi, Indonesia harus menjadi inisator dalam penciptaan kawasan yang lebih kondusif. Pembangunan kawasan yang baik, tentu akan memicu pembangunan ekonomi, sosial yang lebih maju.

livetradingnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s